oleh

Uji Petik KPU Kota Bersama Bawaslu

KOTA, BENGKULU – Dari data kependudukan yang disampaikan oleh pihak Dukcapil Kota Bengkulu kepada pihak penyelenggara pemilu KPU Kota Bengkulu. Maka diketahui hingga memasuki pertengahan Bulan Agustus 2021 banyak warga yang meninggal dunia, sehingga pemilih di Kota Bengkulu berkurang hingga ratusan, “Kalau dari data berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat di Kota Bengkulu ke KPU hingga Juli 2021 jumlahnya mencapai 45 orang. Sedangkan jika berdasarkan data untuk Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dari data resmi Dukcapil Kota Bengkulu jumlah warga meninggal dunia hingga Agustus ini mencapai ratusan, dan itu artinya ikut berdampak terhadap berkurangnya pemilih di Kota Bengkulu sebab mayoritas yang meninggal dunia adalah Lansia,” ungkap anggota divisi data, perencanaan dan informasi KPU Kota Bengkulu Romi Sugara S.Sos, Kamis (11/8).
Sebelumnya komisioner KPU Kota Bengkulu yang memiliki latar belakang Jurnalis ini menerangkan. Meskipun tahapan pemilu tahun 2024 masih belum dimulai, namun untuk pendataan DPB terus mereka lakukan secara berkelanjutan, “Kita terus melakukan pendataan untuk DPB. Kalau tahapan pemilu sendiri itu baru akan dimulai pada tahun depan,” terang Romi.
Kemudian, pihaknya lanjut Romi. Juga telah melakukan uji petik terhadap DPB, dimana dalam uji petik mereka bersama Bawaslu dan unsur terkait lainnya meskipun ditengah pandemi Covid 19 tetap dengan Prokes melaksanakan kegiatan uji petik, “Kita hari ini,melakukan uji petik bersama Bawaslu. Dimana kami mendatangi langsung rumah warga yang meninggal dunia guna memastikan hal itu dan nanti akan kita masukkan dalam data terkait DPB. Kita melaksanakan uji petik tetap dengan Prokes dengan sampel yang kita datangi ada 11 titik,” kata Romi. (09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed