oleh

Pulau Enggano Jadi Perhatian

Basurek.com, Jakarta – Pulau Enggano didorong untuk pembangunan infrastruktur pendukung untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di Bengkulu.

Pengembangan Pulau Enggano yang termasuk dalam Major Project Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2018.

Anggota Komite II DPD RI Riri Damayanti John Latief mendukung upaya tersebut.

“Pembangunan Pulau Enggano ini perlu menjadi perhatian karena secara signifikan merupakan upaya pemerataan dan sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi di Bengkulu,” kata Riri.

Sementara, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, infrastruktur yang perlu menjadi perhatian antara lain pembangunan Jalan Lingkar Enggano, pengembangan bandara, Pelabuhan Kahyapu, dan Pelabuhan Melakoni untuk memenuhi permintaan kunjungan wisata dengan menyediakan sarana dan frekuensi transportasi yang layak dan dukungan konektivitas, jaringan internet dari 2G menjadi 4G, serta sarana dan prasarana air baku untuk mendukung koridor pemerataan.

Luhut juga memerintahkan berbagai pihak terkait agar melakukan studi komprehensif untuk seluruh pembangunan infrastruktur yang diusulkan dibangun di Provinsi Bengkulu.

“Kalau riset dilakukan dengan benar, kita akan efisien di seluruh lini,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Selain mengenai pembangunan Pulau Enggano, dibahas pula sejumlah proyek infrastruktur Bengkulu yaitu Jalan Tol Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau yang diharapkan menjadi penghubung bagi Tol Trans Sumatera yang terkoneksi dengan ruas Linggau-Muara Enim-Inderalaya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed