oleh

Fungsikan Lahan Tidur untuk Antisipasi Krisis Pangan

Basurek.com, Jakarta – Bangunkan lahan tidur menjadi solusi untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya krisis pangan  di tengah  pandemi Covid-19.

Menurut Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief, masalah ketahanan pangan masih menjadi salah satu isu krusial di negara-negara berkembang. Sebab, potensi krisis pangan bisa saja terjadi di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan terkendalanya distribusi barang atau pangan antar negara yang berdampak pada kebutuhan pangan dalam negeri. Tentunya lahan yang dapat digarap dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan mengutamakan prinsip pelibatan aktif rakyat sebagai aktor utamanya,” kata Riri Damayanti.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, nantinya para petani bisa mengelola lahan tersebut dengan mengedepankan kelompok tani melalui pola kemitraan dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, dapat dijadikan sebuah terobosan baru dalam melakukan rencana program cetak sawah baru dengan prinsip pokok.

“Kalau semua lahan-lahan tertidur ini diserahkan ke petani-petani dengan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menggarap lahan, insya Allah Bengkulu bisa swasembada pangan, bahkan membantu ketahanan pangan nasional,” tutur Hj Riri Damayanti John Latief. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed