oleh

Di Era Pandemi, Pengusaha Muda Siap Inovasi Tingkatkan Daya Saing

Basurek.com, Bengkulu – Angin segar pulihnya ekonomi Bengkulu setelah melewati tantangan berat krisis ekonomi akibat krisis kesehatan pandemi covid-19 mulai bertiup dari para pengusaha muda yang terhimpun dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu.

Hal ini tampak dari Talkshow Kewirausahaan “Be A Creative Entrepreneur” yang digelar Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief bersama BPD HIPMI Provinsi Bengkulu di Ballroom Hotel Mercure, Senin (15/3/2021).

Optimisme para pengusaha muda Bengkulu dari berbagai bidang usaha menyembur setelah mendengar berbagai paparan pemateri yang dihadirkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Hj Riri Damayanti John Latief dalam Talkshow Kewirausahaan ini.

“Pengusaha muda harus terus didukung dan didorong agar semakin berkembang, tidak mudah menyerah dan harus berani mengambil risiko. Mari terus memacu diri dengan belajar,” kata Hj Riri Damayanti John Latief saat membuka kegiatan ini.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini mengungkapkan, dunia terus berubah. Ia menyarankan agar para pengusaha muda Bengkulu melakukan peningkatan sumber daya manusia secara cepat agar mampu memenangkan kompetisi yang super ketat, berani mencari partner bisnis, dan mencari akses permodalan.

“Tingkatkan pemanfaatan digital sebagai salah satu langkah percepatan ekonomi. Sekitar 70 persen pelaku usaha terus memanfaatkan media digital melalui e-commerce dan media sosial untuk mengembangkan usahanya,” ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menekankan, saat forum rapat kerja nasional HIPMI beberapa waktu yang lalu, dalam pidatonya Presiden Jokowi menyatakan keyakinan terhadap kader HIPMI yang bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang, membalikan bencana menjadi sebuah kebangkitan ekonomi asalkan kader HIPMI membuktikan semboyannya dalam dunia nyata, menjadi pengusaha pejuang, pejuang pengusaha.

“Semangat ini digaungkan oleh Presiden Jokowi dengan mengkampanyekan cinta produk Indonesia ke seluruh provinsi dan badan pengurus cabang HIPMI. Dengan mencintai produk dalam negeri memberi peluang para pengusaha lokal agar bisa semakin berinovasi untuk meningkatkan daya saing. Ketum Maming yakin, hal ini bisa jadi mendorong lonjakan untuk perekonomian Indonesia. Semangat dan keyakinan ini mendorong saya selaku anggota DPD RI dan HIPMI berkolaborasi mengadakan talkshow ini,” tegas Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua BPD HIPMI Bengkulu, Yuan Degama, mengutarakan rasa syukur dan terimakasihnya atas kesediaan Hj Riri Damayanti John Latief bersama organisasi yang ia pimpin menggelar kegiatan Talkshow Entreprenuer untuk mendorong lahirnya optimisme di kalangan pengusaha muda Bengkulu.

“Mari kita melangkah kedepan dengan kepala tegak, kita balikkan catatan statistik perdagangan untuk Bengkulu tahun lalu yang tumbuh negatif menjadi positif, dengan kreatifitas dan inovasi, karena kita Bengkulu, kita punya banyak potensi yang menjanjikan,” ungkap Yuan Degama.

Acara ini mengundang 14 pemateri yang sukses memulai karirnya dari nol, melanjutkan bisnis keluarga, jatuh bangun membangun usaha, memulai usaha dari usia yang sangat belia, hingga yang sukses memulai usaha dengan modal seadanya.

Dalam acara ini, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief bersama BPD HIPMI Provinsi Bengkulu juga meluncurkan situs www.hipmibengkulu.org.

Acara ini benar-benar dinamis. Para pengusaha muda yang hadir berebut untuk memanfaatkan ruang tanya jawab untuk menanyakan berbagai trik dan tips untuk mengembangkan usaha di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung. [M2]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed