oleh

Soal Sampah, Senator Riri Dukung Langkah Pemkot Bengkulu

Basurek.com, Bengkulu – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Bengkulu menggelar gotong royong di kawasan Pantai Panjang, Jumat (5/2/2021).

Hal tersebut guna mewujudkan kota bersih dari sampah.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Bengkulu dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Ia mengatakan, masalah pengelolaan sampah terutama plastik menjadi persoalan yang paling membahayakan lingkungan hidup.

“Ekologi terganggu akibat sampah. Banyak hewan yang tidak bisa hidup tenang dan ikan-ikan mati karena sampah. Gotong Royong yang dilakukan jajaran OPD ini perlu diapresiasi,” ungkapnya.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap, bukan hanya tidak dilakukan jajaran OPD dan dilakukan hanya sekali, namun seluruh masyarakat juga harus bergerak bersama mengatasi sampah yang ada disekitarnya dan lingkungannya.

“Kalau pun misalnya setiap hari pemerintah mengerahkan banyak pasukan kuning untuk memungut sampah, selama masyarakatnya tetap membuang sampah sembarangan ya percuma juga. Mari sama-sama peduli,” pungkas Riri Damayanti.

Sementara, tunjukkan aksi nyata dan kebersamaan dalam menanggulangi masalah sampah dilakukan jajaran OPD Pemerintah Kota Bengkulu, bahkan Danlanal Bengkulu pun ikut berpartisipasi.

Kerja bakti bersih sampah ini dilakukan di area Pantai Panjang, sesuai dengan kavlingan yang telah ditentukan.

Kegiatan kerja bakti dimulai pada pukul 07 : 30 WIB hingga selesai dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sabit, dll. Dalam kerja bakti ini pembersihan lokasi seperti mengumpulkan sampah, membersihkan gulma , rumput liar dan pembersihan lainnya. Nantinya hasil sampah yang telah terkumpul ditempatkan di tempat sampah, lalu sampah akan diangkut petugas kebersihan dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup).

Saat bersih-bersih, Kadis Kominfosan Eko Agusrianto mengimbau dan mengajak para pegawainya untuk tetap menjaga kebersihan dan mendukung program bapak Walikota dan Wakil Walikota dalam menanggulangi sampah.

“Menjaga kebersihan ini harus menjadi budaya. Sampah ini kelihatannya sepele tapi sebenarnya masalah serius yang harus diatasi bersama-sama. Mari seluruhnya kita bersama-sama ambil bagian untuk mewujudkan Kota Bengkulu bersih, asri dan bebas sampah. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” jelas Eko.

Diharapkan melalui kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Dengan lingkungan bersih akan menjadikan lebih sehat dan kualitas hidup meningkat, sehingga masyarakat bisa lebih produktif. Dan semoga semua pihak dan masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan, kalau kota ini bersih, bebas sampah tentu kita bangga atas pencapaian nanti,” ungkapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed