oleh

Harga Cabai Rawit Capai Rp70 Ribu Per Kilogram

Basurek.com, Mukomuko – Harga cabai rawit satu bulan terakhir ini meroket. Harga dengan kisaran diatas Rp 70 per Kg itu terbilang mahal dari harga sebelumnya yang hanya Rp 30-40 per Kg. Bahkan pada minggu kemarin di pasar Desa Agung Jaya (SP6) Kecamatan Air Manjuto harga cabai rawit mengalami kenaikan yang signifikan dari minggu sebelumnya. Minggu lalu harga cabai rawit Rp 60 per Kg dan minggu ini (24/1) harganya melambung sampai Rp 80-100 ribu per Kg. Dengan kondisi seperti ini masyarakat mengeluh dengan tingginya harga cabai tersebut.

“Harga cabai saat ini masih mahal banget hampir 1 bulan ini harga di atas Rp 70 bahkan minggu ini ada yang jual Rp 100 per Kg. Kalau harga cabai besar masih normal lah masih Rp 35-40 ribu per Kg nya,” ungkap Nuri warga Pondok Makmur (SP2).

Ia mengatakan, penyebab naiknya harga cabai rawit tidak tau pasti. Ia berharap agar harga cabai ataupun kebutuhan pokok lainnya bisa kembali stabil.

“Naiknya harga cabai menurut pedagang karena ketersedian cabai terbatas banyak petani yang gagal panen. Karena kita tau mayoritas pedagang disini dari luar daerah kalau dalam daerah ada tapi tidak banyak. Semoga harga bisa kembali stabil,” harapnya.

Hal senada disampaikan Ami, warga Kota Praja. Ia mengatakan kenaikan harga itu bukan hanya dialami cabai rawit. Namun beberapa kebutuhan pokok lainnya juga naik dan hal ini membuat beban bagi masyarakat khususnya Ibu Rumah Tangga.

“Tidak hanya harga cabai rawit yang naik, harga daging ayam juga semenjak tahun baru 2021 masih mahal. Dan ini menjadi beban bagi kami kaum ibu,” keluhnya.

Saat dikonfirmasi Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Mukomuko, Nurdiana mengatakan kenaikan harga cabai dipengaruhi karena ketersediaan cabai kurang kemudian cuaca sering hujan.

“Ya memang kalau harga cabai saat ini naik yang cabai rawit sedangkan cabai besar masih stabil namun bervariasi harganya tergantung jenis dan bentuk cabainya. Naiknya harga cabai ini di pengaruhi oleh ketersedian cabai kurang kemudian juga cuaca yang sering hujan. Mudah mudahan minggu yang akan datang harga cabai sudah stabil,” singkatnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed